Pages

Sabtu, 26 Maret 2011

mistrei uang sukarno

Menyebut tentang uang Sukarno, ingatan saya melayang ke belakang, puluhan tahun yang lalu. Suatu kali seorang pedagang keliling mencari info dan berani membayar mahal pada siapa saja yang memiliki uang bergambar tokoh ploklamator ini. Ceritapun cepat menyebar dan mendadak banyak penduduk yang menaruh minat pada uang tersebut. Uang Sukarno yang memang sudah mahal menjadi semakin mahal.

Kebetulan salah seorang sahabat saya memilikinya selembar dan berniat melepasnya kalau ada orang yang berani membeli dengan harga tinggi. Saya kurang tahu apakah akhirnya uang miliknya tersebut sudah terjual atau belum namun yang jelas belakangan saya tahu kalau uang seri Sukarno tersebut ternyata berharga tidak semahal yang saya bayangkan.

Sahabat saya mungkin sepertinya masih termasuk katagori wajar karena uang Sukarno yang dimilikinya walaupun dari pecahan kecil, setidaknya masih termasuk uang asli. Dilain kasus banyak orang yang menawarkan uang Sukarno tiruan atau lebih dikenal dengan nama uang suvenir dengan harga yang tidak masuk akal. Penyebabnya adalah karena selain dianggap langka juga dipercaya ajaib, bisa menggulung sendiri kalau diletakkan di atas telapak tangan. Uang ajaib ini juga dianggap spesial karena memiliki rulisan Arab. Seorang pemilik mengatakan bahwa uang langkanya tersebut pernah ditawar tukar dengan sebuah motor bebek namun ditolak !

0 komentar:

Posting Komentar