Pages

Sabtu, 26 Januari 2013

jawaban analisis E-Goverment



TUGAS
ANALISIS KINERJA SISTEM



4KA08
NAMA KELOMPOK :
ANGGUN AGUSTINA (13109144)
ANITA WINDASARI (10109927)
MALIKA PURNA (12109720 )
NURUL TRI YUNIARNI (14109532 )
RETNO PURNAMADEWI (13109007)
WINDI PUSPITASARI ( 15109103)


UNIVERSITAS GUNADARMA
2013



NARASI
Indonesia sebagai sebuah negara kepulauan memiliki berbagai budaya dari sabang sampai Merauke. 13.000 pulau terbentang dan salah satunya adalah pulau Sumatera. Di pulau Sumatera ada 10 provinsi, termasuk Sumatera barat.
Seperti provinsi-provinsi lain di Indonesia, Sumatera Barat juga memiliki budaya dan tradisi yang unik. Budaya merupakan dimensi yang berpengaruh kedua dari sebuah daya tarik destinasi (Ritchie and Crouch, 2003). Budaya merupakan sebuah identitas dan factor pentingnya adalah bahwa individu masyarakat yang ditempatkan pada organisasi sosial lokal dan nasional, seperti pemerintah lokal, institusi pendidikan, komunitas keagamaan, kerja dan rekreasi.
Umumnya budaya di Sumatera Barat sangat dipengaruhi oleh agama Islam, sebagaimana semboyan masyarakat Minang “Adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah” (Adat berdasarkan syariah, syariah berdasarkan Al qur‘an).
Memiliki potensi budaya yang tersebar di seluruh Indonesia, pemerintah berusaha menggalinya dengan mengembangkan pariwisata budaya. Oleh sebab itu pemerintah Indonesia meluncurkan program pariwisata Indonesia - Visit Indonesia. Semenjak tahun 2005, pemerintah Indonesia telah menjadikan Sumatera Barat sebagai salah satu target utama Pariwisata Indonesia. Dikenal dengan keindahan alam dan kekayaan budayanya, Sumatera barat sangat potensial untuk dikembangkan sebagai daerah wisata, baik wisata alam, (seperti pegunungan dan hutan) maupun wisata budaya dan ekowisata.
Sebagai tambahan, dengan dibukanya bandar udara internasional Minangkabau pada bulan Juli 2005, membuat Sumatera Barat yang juga dikenal dengan Ranah Minang ini dapat, diakses oleh banyak negara.




KESIMPULAN
Kesimpulan dari provinsi Sumatra Barat , Kabupaten Padang Pariaman dan Kabupaten Agam
Pada Website Sumatera Barat ini terdapat relasi G2C. Ini terlihat pada kolom perijinan. Lalu terdapat suara masyarakat yang bisa digunakan masyarakat untuk menyampaikan aspirasimya. Adapun G2G misalnya link Dinas Peternakan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Badan Diklat Provinsi Sumbar Badan Pusat Statistik Sumbar Badan Meteorologi dan Geofisika Komisi Pemilihan Umum Sumbar Biro Pembangunan dan Kerjasama Rantau Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah.

Kekurangan dan Kelebihan
Untuk tampilan web Sumatera Barat, ada beberapa hal yang kami rasa kurang cukup baik. Seperti penggunaan ukuran teks pada link dan isi-isi berita yang kecil, penggunaan beberapa warna yang tidak perlu. Kecepatan akses ketika kita mengunjungi website ini sangat baik. Jadi tidak perlu menunggu lama untuk kita melihat semua tampilan website ini muncul dengan sempurna. Begitu juga ketika kita mengunjungi link-link yang ada pada web ini.
Di Padang Pariaman, pemanfaatan e-gov dikarenakan adanya keinginan untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat .Perubahan yang tengah terjadi tersebut menuntut terbentuknya kepemerintahan yang bersih, transparan, dan mampu menjawab tuntutan perubahan secara efektif. Sistem manajemen pemerintah Kabupaten Padang Pariaman yang selama ini merupakan sistem hirarki kewenangan dan komando sektoral dikembangkan menjadi sistem manajemen organisasi jaringan yang dapat memperpendek lini pengambilan keputusan serta memperluas rentang kendali.
Model penyampaian yang utama di terapkan di Kabupaten Padang Pariaman adalah Government-to-Citizen atau Government-to-Customer (G2C), Government-to-Business (G2B) serta Government-to-Government (G2G). Keuntungan yang paling diharapkan dari e-government adalah peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik.
Memperhatikan perkembangan pelaksanaan egov di Kabupaten Padang Pariaman serta hasil-hasil yang telah dicapai hingga saat ini, maka mau tidak mau konsep dan strategi pelaksanaan egov membutuhkan penyempurnaan diberbagai sisi. Penundaan pelaksanaan revitalisasi egov hanya akan menjauhkan Kabupaten ini dari cita-cita reformasi yang sebenar-benarnya, yaitu memperbaiki mutu pelayanan publik kepada seluruh masyarakat serta pada gilirannya dapat meningkatkan kesejahteraan mereka melalui peningkatan efisiensi birokrasi.
Pelaksanaan revitalisasi egov harus memperhatikan kesiapan pemerintah daerah dan masyarakat, sesuai prinsip-prinsip dasar serta bertahap.
Di kabupaten Agam, banyak kegiatan-kegiatan yang di usung oleh pemerintah Kabupaten Agam. Dari mulai sektor pendidikan, kesehatan dan lain-lain. Prestasi-prestasi yang dihasilkan dari Kabupaten Agam juga sudah banyak yang diraih.
Namun setelah ditelusuri dalam buku tamu, ternyata banyak keluh kesah yang disampaikan oleh masyarakat desa dari Kabupaten Agam. Dari mulai pembetulan jalan, permohonan bantuan pendidikan dan lain-lain sehingga menurut kami masih banyak yang perlu dibenahi dari Kabupaten Agam.
Untuk tampilan dan isi web Kabupaten agam, dapat dilihat belum adanya kelengkapan pada web tersebut. Sehingga kami masih kesulitan mendapatkan informasi-informasi yang ada. Seperti belum terisinya beberapa link yang sebenarnya sudah terdapat judul disana.
Struktur navigasi pada website sumatera barat pada menu utama terdapat Home, Profil Sumbar, Ragam Info, Fasilitas, dan e-proc. Menu utama ini dapat langsung kita temukan karena berada di atas, atau berada pada header. Hal ini sangat mempermudah pengguna untuk mencari informasi yang ingin dipilih.
Dari hasil penelitian ini, disarankan:
1. Perlu dilakukan secara terus menerus sosialisasi tentang arti penting penerapan e-Government  terhadap pihak pengambil keputusan di setiap instansi.
2.  Agar dibentuk unit khusus untuk mengelola situs web resmi pemerintah dan dibayar secara profesional.
3.  Melakukan pelatihan dibidang teknologi informasi dan komunikasi secara rutin bagi staff yang mengelola situs web.
4.  Perlu sosialisasi secara terus menerus kepada masyarakat tentang layanan yang tersedia di situs web resmi pemerintahan.

0 komentar:

Posting Komentar