Electronic Commerce (Perniagaan Elektronik), sebagai bagian
dari Electronic Business (bisnis yang dilakukan dengan menggunakan electronic
transmission). Secara umum e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk
transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service)
dengan menggunakan media elektronik. Kegiatan perniagaan tersebut merupakan
bagian dari kegiatan bisnis. Kesimpulannya, “e-commerce is a part of
e-business”.
E-commerce digunakan sebagai transaksi bisnis antara
perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain, antara perusahaan dengan
pelanggan (customer), atau antara perusahaan dengan institusi yang bergerak
dalam pelayanan public.
Definisi E-Commerce juga bisa
dilihat dari berbagai macam persepsi :
Ø Komunikasi : pengiriman barang,jasa ,informasi dan pembayaran
melalui jaringan komputer
atau sarana elektronik lainnya.
Ø Niaga : menyediakan kemampuan membeli dan menjual barang,jasa,dan
informasi pada internet dan layanan online lainnya.
Ø Proses Bisnis : melakukan bisnis secara elektronik dengan melengkapi proses
bisnis melalui jaringan elektronik, dengan demikian menggantikan informasi
untuk proses bisnis secara fisik.
Ø Layanan : Sebuah alat yang menempatkan keinginan pemerintah
,perusahaan, dan pengguna untuk memotong biaya layanan dengan meningkatkan
kualitas layanan pelanggan dan meningkatkan kecepatan pengiriman layanan.
Ø Pembelajaran : yang memungkinkan pelatihan dan pendidikan secara online di
sekolah ,universitas dan organisasi lainnya termasuk perusahaan .
Ø Kolaboratif : Kerangka kerja untuk kolaborasi dalam dan antar
perusahaan.
Ø Komunitas : menyediakan tempat berkumpul bagi anggota komuniatas untuk
belajar, bertransaksi, berkolaborasi.
Karakteristik E-Commerce
Berbeda
dengan transaksi perdagangan biasa, transaksi e-commerce memiliki beberapa
karakteristik yang sangat khusus, yaitu :
·
Transaksi tanpa batas
Dewasa ini dengan internet pengusaha kecil dan menengah dapat memasarkan produknya secara internasional cukup dengan membuat situs web atau dengan memasang iklan di situs-situs internet tanpa batas waktu (24 jam), dan tentu saja pelanggan dari seluruh dunia dapat mengakses situs tersebut dan melakukan transaksi secara on line.
Dewasa ini dengan internet pengusaha kecil dan menengah dapat memasarkan produknya secara internasional cukup dengan membuat situs web atau dengan memasang iklan di situs-situs internet tanpa batas waktu (24 jam), dan tentu saja pelanggan dari seluruh dunia dapat mengakses situs tersebut dan melakukan transaksi secara on line.
·
Transaksi anonim
Para penjual dan pembeli dalam transaksi melalui internet tidak harus bertemu muka satu sama lainnya. Penjual tidak memerlukan nama dari pembeli sepanjang mengenai pembayarannya telah diotorisasi oleh penyedia sistem pembayaran yang ditentukan, yang biasanya dengan kartu kredit.
Para penjual dan pembeli dalam transaksi melalui internet tidak harus bertemu muka satu sama lainnya. Penjual tidak memerlukan nama dari pembeli sepanjang mengenai pembayarannya telah diotorisasi oleh penyedia sistem pembayaran yang ditentukan, yang biasanya dengan kartu kredit.
·
Produk digital dan non digital
Produk-produk digital seperti software komputer, musik dan produk lain yang bersifat digital dapat dipasarkan melalui internet dengan cara mendownload secara elektronik. Dalam perkembangannya obyek yang ditawarkan melalui internet juga meliputi barang-barang kebutuhan hidup lainnya.
Produk-produk digital seperti software komputer, musik dan produk lain yang bersifat digital dapat dipasarkan melalui internet dengan cara mendownload secara elektronik. Dalam perkembangannya obyek yang ditawarkan melalui internet juga meliputi barang-barang kebutuhan hidup lainnya.
·
Produk barang tak berwujud
Banyak perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce dengan menawarkan barang tak berwujud separti data, software dan ide-ide yang dijual melalui internet.
Banyak perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce dengan menawarkan barang tak berwujud separti data, software dan ide-ide yang dijual melalui internet.
Klasifikasi E-Commerce
E-Commerce dapat diklasifikasikan
berdasarkan transaksi dan interaksinya , yaitu :
•
Business-to-consumer (B2C) : transaksi online dilakukan
antara perusahaan dengan pengguna individu. Contoh : toko online
•
Business-to-Business (B2B) : perusahaan membuat transaksi
online dengan perusahaan lain. Contoh : penjualan grosir
•
Business-to-Business-to-Consumer (B2B2C) : Model E-Commerce
dimana perusahaan menyediakan barang atau jasa kepada klien bisnis untuk
mempertahankan pelanggannya.
•
Consumer-to-Business (C2B) : model E-Commerce dimana seorang
menggunakan internet untuk menjual barang atau jasa kepada organisasi
(Perusahaan)atau seorang yang mencari penjual untuk menawar pada barang atau
jasa yang dibutuhkan. Contoh : perseorangan menjual produk ke perusahaan
•
Consumer –to-Consumer ( C2C) : model E-Commerce dimana
pengguna menjual secara langsung kepada pengguna lainnya. Contoh : online advertising
•
Mobile Commerce (M-Commerce) : model E-Commerce yang
dilakukan pada lingkungan nirkabel.
•
Location-based Commerce (I-Commerce) : transaksi
m-Commerce yang ditargetkan pada
pengguna individu Pada lokasi dan waktu yang spesifik.
• Intrabusiness EC : kategori E-Commerce yang
mencakup semua aktivitas
internal perusahaan termasuk pertukaran barang, jasa, atau informasi
antara unit dan individu dalam perusahaan.
• Business-to-Employee (B2E) : model E-Commerce
dimana perusahaan
mengirimkan barang ,jasa, atau informasi kepada karyawannya.
• Collaboration Commerce (C-Commerce): model
E-Commerce dimana
individu atau kelompok dapat berkolaborasi secara online.
• E-Learning : pengiriman informasi secara
online untuk pelatihan dan
pendidikan
• E-Government : model E-Commerce
dimana pemerintah membeli atau menyediakan barang,jasa,atau informasi kepada
perusahaan atau warga Negara individu.
Keuntungan dan Kekurangan Dari E-Commerce
Dalam
implementasinya, keuntungan dari e-commerce tidak saja dirasakan oleh para
pebisnis tetapi juga dapat dirasakan oleh konsumen, masyarakat luas dan
pemerintah. Di bawah ini merupakan gambaran keuntungan dan kekurangan dari
e-commerce yang dirangkum dalam tiga bagian, dalam prespektif produsen,
konsumen serta masyarakat dan pemerintahan.
Adapun
keuntungan e-commerce pada produsen adalah:
-
Memberikan kesempatan kepada produsen untuk meningkatkan pemasaran
produk/servicenya secara global.
-
Mengurangi penggunaan paper/kertas di berbagai aktifitas mulai dari tahapan
desain, produksi, pengepakan, pengiriman, distribusi hingga marketing.
-
Mengurangi waktu delay dari pengiriman dan penyimpanan karena antara sistem
produksi, pengepakan, penyimpanan dan distribusi terkoneksi secara online.
-
Mengurangi waktu dan biaya promosi dari produk/service yang dipasarkan karena
tersedianya informasi secara menyeluruh di internet sepanjang waktu.
Adapun
keuntungan e-commerce pada konsumen adalah:
-
Memberikan kesempatan konsumen yang berada di belahan dunia manapun untuk dapat
menggunakan sebuah produk/service yang dihasilkan dari belahan dunia yang
berbeda dan melakukan transaksi dan meraih informasi dari pihak pertama
sepanjang tahun.
-
Memberikan kesempatan bagi konsumen yang terpisah tempat tinggalnya dari
produsen untuk berinteraksi, berdiskusi dan bertukar pengalaman. Sehingga akan
sangat menguntungkan produsen untuk meningkatkan kualitas produk/servicenya
sesuai dengan yang diinginkan oleh konsumen.
Adapun
keuntungan e-commerce pada masyarakat dan pemerintah adalah:
-
Meningkatkan daya beli dan kesempatan masyarakat untuk mendapatkan
produksi/service yang terbaik karena perusahaan yang mengeluarkan
produk/service dapat menjualnya lebih murah karena biaya produksi yang rendah.
-
Mengurangi pengangguran karena masyarakat semakin bergairah untuk berbisnis
karena cara kerja yang gampang dan tanpa modal yang besar.
-
Meningkatkan daya kreatifitas masyarakat, berbagai jenis produk dapat
dipasarkan dengan baik, sehingga akhirnya juga membantu pemerintah untuk
menggairahkan perdagangan khususnya usaha kecil menengah.
Berikut merupakan kekurangan dari penerapan e-commerce :
1. sering terjadinya penipuan seperti fiktif credit card, atau terkadang
1. sering terjadinya penipuan seperti fiktif credit card, atau terkadang
penipuan penjual
terhadap pelanggan karena hukum yang mengatur
tentang e-commerce masih belum terlalu
berkembang.
2. Konsumen tidak dapat melihat langsung kondisi barang yang akan
2. Konsumen tidak dapat melihat langsung kondisi barang yang akan
dibeli
3. Mempersempit lapangan pekerjaan karena industri e-commerce tidak
3. Mempersempit lapangan pekerjaan karena industri e-commerce tidak
membutuhkan banyak pegawai
untuk melayani transaksi.
Alternatif Pembayaran untuk E-Commerce
• Untuk pembayaran, e-commerce menyediakan banyak alternatif yakni
pembeli yang telah mempunyai kartu kredit dapat menggunakan kartu tersebut
untuk pembayaran; Selain kartu kredit, alternatif lainnya adalah dengan
menggunakan e-cash. E-cash sebenarnya merupakan suatu account khusus untuk
pembayaran melalui internet. Account tersebut dibuka dengan menggunakan kartu
kredit yang dipunyai sebelumnya. Customer hanya perlu mengisi pada account e-cashnya
untuk digunakan.
• Alternatif lain dalam
pembayaran di internet adalah dengan menggunakan smartcard. Di Singapura,
smartcard dikenal dengan istilah cash card. Untuk pembayaran di internet, user
harus memiliki ‘smart card reader’. Dalam pemakaiannya, alat khusus ini
disambungkan ke port serial di komputer. Pada saat melakukan transaksi, kartu
smart card harus digesekkan ke alat tersebut, sehingga chip yang terdapat di
kartu dapat dibaca oleh komputer. Untuk softwarenya, digunakan software bernama
‘e-wallet’.
• Alternatif pembayaran
yang relatif baru dan belum begitu popular adalah penggunaan iCheck, yaitu
metode pembayaran dengan menggunakan cek. Pembayaran ini membutuhkan nomor cek
milik customer.
Manfaat E-Commerce
Beberapa manfaat yang dapat
dirasakan dengan adanya E-commerce dapat dikategorikan menurut pihak yang
merasakan yaitu pihak organisasi atau perusahaan penyedia E-Commerce, pihak
customer atau pengguna E-Commerce dan pihak masyarakat secara luas
Manfaat bagi organisasi yang menyediakan
layanan E-Commerce antara lain :
•
Dapat memangkas beberapa biaya diantaranya biaya komunikasi, biaya
pemrosesan transaksi, biaya pengiriman, dan biaya pencarian informasi
•
Dapat menyediakan kustomasasi bagi pelanggan
•
Sebagai model bisnis baru bagi perusahaan
•
Dapat meningkatkan hubungan dengan pelanggan
Manfaat bagi Customer atau pengguna E-Commerce
antara lain :
•
Bisa mendapatkan barang dan jasa yang lebih variatif
•
Dapat mengakses informasi yang lebih lengkap mengenai barang dan jasa
•
Dari barang atau jasa yang dibeli terkadang tidak dikenai pajak penjualan
•
Bisa mengakses sejumlah barang dan jasa selama 24 jam dalam sehari dan 7
hari dalam seminggu tanpa harus dibatasi toko tutup atau jam istirahat karyawan
Manfaat Bagi Masyarakat luas antara lain :
•
Terciptanya lapangan pekerjaan baru yang bisa berupa tenaga programmer
untuk situs E-Commerce maupun untuk lingkup yang lebih luas lagi tenaga
logistik untuk organisasi atau perusahaan yang menjual barang-barang dengan
variasi banyak contoh Amazon.com
Perbedaan Antara Proses Perdagangan
Secara Manual Dengan Menggunakan e-commerce Dapat Digambarkan Seperti Dibawah
ini :
• Pada
proses dengan e-commerce terjadi efisiensi pada penggunaan fax,
pencetakan dokumen, entry ulang dokumen, serta jasa kurir. Efisiensi tersebut
akan menunjukkan pengurangan biaya dan waktu/kecepatan proses.
• Kualitas
transfer data pun lebih baik, karena tidak dilakukan entry ulang yang
memungkinkan terjadinya human error.
Perbedaan dan
Persamaan E-Commerce Dengan E-Businness
·
Perbedaan E-Commerce dan E-Business
E-commerce merupakan kepanjangan
dari Electronic Commerce yang berarti perdagangan yang dilakukan secara
elektronik. E-business mengandalkan media Internet sebagai sarana untuk
memperoleh tujuannya.
Perbedaan yang
mendasar antara e-commerce dan e-business adalah bahwa tujuan e-commerce memang
benar-benar money oriented (berorientasi pada perolehan uang), sedangkan
e-business berorientasi pada kepentingan jangka panjang yang sifatnya abstrak
seperti kepercayaan konsumen, pelayanan terhadap konsumen, peraturan kerja,
relasi antar mitra bisnis, dan penanganan masalah sosial lainnya.
Secara keseluruhan, e-commerce dapat digambarkan sebagai
penggunaan internet dan Web untuk transaksi bisnis.
Di sisi lain, e-bisnis dapat digambarkan sebagai proses digital
yang memungkinkan proses transaksi dalam perusahaan, melibatkan sistem
informasi di bawah kontrol yang kuat. Selain itu, aplikasi e-bisnis bisa turun
menjadi e-commerce ketika sebuah pertukaran nilai terjadi.
·
Persamaan E-Commerce dan E-Business
Selain perbedaan
seperti yang telah disebutkan e-commerce dan e-business juga memiliki kesamaan
tujuan utama yaitu memajukan perusahaan menjadi perusahaan yang lebih besar
dari sebelumnya. E-commerce dan e-business merupakan terobosan yang dapat
mendongkrak penjualan melalui online marketing dan sebagai sarana mempromosikan
produk melalui media Internet.
Ruang Lingkup E-Commerce
-
ELECTRONIC BUSINESS
merupakan lingkup aktivitas perdagangan secara elektronik dalam
arti luas.
-
ELECTRONIC COMMERCE
Merupakan lingkup
perdagangan yang dilakukan secara elektronik, dimana didalamnya termasuk:
* Perdagangan via Internet (Internet
Commerce)
* Perdagangan dengan
fasilitas Web Internet (Web-Commerce)
* Perdagangan dengan sistem pertukaran data terstruktur secara elektronik (Electronic
Data Interchange/EDI).
-
ELECTRONIC MARKETS (EMs)
EMs
adalah sebuah sistem informasi antar organisasi yang menyediakan
fasilitas-fasilitas bagi para penjual dan pembeli untuk bertukar informasi
tentang harga dan produk yang ditawarkan. Keuntungan fasilitas EMs bagi
pelanggan adalah terlihat lebih nyata dan efisien dalam hal waktu. Sedangkan
bagi penjual, ia dapat mendistribusikan informasi mengenai produk dan service
yang ditawarkan dengan lebih cepat sehingga dapat menarik pelanggan lebih
banyak.
-
EDI ( Electronic Data Service)
EDI adalah
sarana untuk mengefisienkan pertukaran data transaksi-transaksi reguler yang
berulang dalam jumlah besar antara organisasi-organisasi komersial. Keuntungan
dalam menggunakan EDI adalah waktu pemesanan yang singkat, mengurangi biaya,
mengurangi kesalahan, memperoleh respon yang cepat, pengiriman faktur yang
cepat dan akurat serta pembayaran dapat dilakukan secara elektronik.
-
INTERNET COMMERCE
Internet commerce adalah penggunaan
internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk perdagangan.
Kegiatan komersial ini seperti iklan dalam penjualan produk dan jasa. Transaksi
yang dapat dilakukan di internet antara lain pemesanan/pembelian barang dimana
barang akan dikirim melalui pos atau sarana lain setelah uang ditransfer ke
rekening penjual
Diagram E-Commerce Otomatisasi :
Contoh E-Commerce
-
tokobagus.com
Tokobagus
merupakan salah satu situs e-commerce yang ada di Indonesia. Tokobagus
menawarkan aneka produk, seperti: alat-alat musik, buku, kerajinan tangan (handicraft),
jam dan perhiasan, film, pakaian, handphone, games dan consoles,
dan produk-produk lainnya. Tokobagus tidak hanya menawarkan produk yang masih
baru saja, namun juga berbagai produk bekas yang masih berkualitas. Bahkan
Tokobagus juga menawarkan produk yang tidak berwujud atau jasa, seperti: jasa
wisata, les, warung atau rumah makan, jasa laundry, dan sebagainya.
Tokobagus juga menawarkan jasa pasang iklan gratis.
Pada dasarnya secara desain web, Tokobagus memiliki desain yang
cukup ringan dan sederhana (simple). Sehingga pengunjung atau konsumen
dapat lebih mudah dalam menjelajahi setiap sisi dari situs ini. Setiap produk
yang ditawarkan telah dikelompokkan dalam kategori-kategori tertentu secara
jelas. Selain itu, konsumen juga dapat menggunakan bantuan alat pencari dengan
mengetikkan kata kunci yang berkaitan dengan produk yang dicarinya. Hal
tersebut dapat memudahkan konsumen dalam mencari produk yang diperlukannya.
Konsumen juga dapat menggunakan kategori wilayah berupa provinsi untuk
memudahkan proses pencarian.
Di samping itu, untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, Tokobagus
juga memberikan verifikasi dan data yang lengkap mengenai penjual yang ada.
Dalam hal proses pembayaran, Tokobagus juga menggunakan sistem pembayaran online.
Bertransaksi di Tokobagus, baik jual maupun beli tidak dikenakan biaya, semua
disediakan gratis. Situs e-commerce ini juga mlakukan penetrasi pasar
yang sangat intensif. Salah satunya adalah dengan melakukan promosi melalui
berbagai iklan di media massa, baik media cetak maupun media elektronik
-
bBlibli.com
Blibli.com
merupakan salah satu situs e-commerce di Indonesia yang menawarkan
aneka produk, seperti fashion, produk kecantikan, gadget,
elektronik, dan sebagainya. Dalam hal merek produk, produk yang ditawarkan di
Blibli.com ada yang bermerek internasional maupun lokal. Semua produk yang
tampil di Blibli.com adalah produk orisinal dan bergaransi resmi, sehingga
konsumen terbebas dari produk tiruan ataupun pasar gelap. Blibli.com sendiri
berupaya untuk menawarkan sistem online mall yang inovatif.
Desain web yang digunakan dalam Blibli.com sangatlah unik. Dengan
adanya gambar-gambar bergerak memberikan warna lain dalam situs e-commerce
ini. Blibli.com juga berupaya untuk meningkatkan kepuasan konsumen dan
menampilkan keunggulan kompetitifnya dengan adanya laman “what the
experts say”. Laman ini bertujuan untuk memberikan referensi kepada
konsumen mengenai manfaat dari berbagai macam produk. Situs ini juga
menampilkan berbagai tweet dari twitter yang berkaitan dengan
situs ini. Selain itu, ada pula “let’s chat” yang memudahkan
konsumen untuk berkomunikasi dengan pihak pengelola Blibli.com.
Dalam hal pembayaran, Blibli.com menggunakan sistem pembayaran online
melalui berbagai layanan pembayaran online dari berbagai bank di tanah
air. Layanan tersebut antara lain: BCA klikpay, mandiri clickpay, dan
sebagainya. Di samping itu, dalam hal penyerahan barang kepada konsumen,
Blibli.com juga berkerja sama dengan berbagai perusahaan yang melayani jasa
antar barang. Contohnya adalah JNE.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.binushacker.net/definisi-ecommerce-e-commerce-www-kotadingin-cc-cc.html
wiwied.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/.../slide_E-Commerce.pdf
ephie.staff.umm.ac.id/files/2011/02/2.-Pengantar-e-commerce1.ppf
unpas.ac.id/pages/pengertian-e-commerce/
|
0 komentar:
Posting Komentar