Pages

Senin, 19 Desember 2011

Proposal Analisa Pengaruh Globalisasi Terhadap Eksistensi Kebudayaan Daerah ( Tugas 3 b.indonesia 1)

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Globalisasi adalah suatu fenomena khusus dalam peradaban manusia yang bergerak terus dalam masyarakat global dan merupakan bagian dari proses manusia global itu. Kehadiran teknologi informasi dan teknologi komunikasi mempercepat akselerasi proses globalisasi ini. Globalisasi menyentuh seluruh aspek penting kehidupan.

1.2 Identifikasi Masalah

Dalam perkembangannya globalisasi menimbulkan berbagai masalah dalam bidang kebudayaan salah satunya adalah hilangnya budaya asli suatu daerah atau suatu Negara.

1.3 Rumusan Masalah

Adanya globalisasi menimbulkan berbagai masalah terhadap eksistensi kebudayaan daerah, salah satunya adalah terjadinya penurunan rasa cinta terhadap kebudayaan yang merupakan jati diri suatu bangsa.

1.4 Tujuan Penulisan

Adapun tujuan dari pembuatan proposal ini untuk memenuhi tugas bahasa Indonesia(softskiil).

1.5 Manfaat Penelitian

Untuk meningkatkan kesadaran remaja untuk menjunjung tinggi kebudayaan bangsa sendiri karena kebudayaan merupakan jati diri bangsa.

BAB II

2.1 Landasan Teori

Globalisasi adalah proses dimana berbagai peristiwa, keputusan dan kegiatan di belahan dunia yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi berbagai individu dan masyarakat di belahan dunia yang lain

2.2 Hipotesis

Adanya globalisasi yang memiliki dampak positif maupun negative, maka perlu adanya tindak lanjut dalam menyikapi globalisasi tersebut. Adapun tindakan-tindakan yang dapat dilakukan yaitu :

1. Menambah porsi pengetahuan tentang kebudayaan bangsa di sekolah-sekolah baik mulai dari tingkat SD sampai perguruan tinggi.

2. Menyeleksi kemunculan globalisasi kebudayaan baru, sehingga budaya yang masuk tidak merugikan dan berdampak negative.

3. Mengadakan berbagai pertunjukan kubudayaan.

4. Membatasi acara-acara yang dapat memunculkan rasa cinta terhadap budaya asing.

BAB III

METODOLOGI PENELITIAN

3.1 Waktu dan Tempat Penelitian

Hari : Sabtu

Tanggal : 22 Oktober 2011

Lokasi : Jakarta

3.2 Metode Penelitian

Dalam pembuatan proposal ini penulis menggunakan pola paragraph dari umum ke khusus karena dalam hal-hal membaca di mulai dari hal-hal yang ringan dulu baru meningkat ke hal-hal yang lebih kompleks dan penulis juga mencari informasi melalui internet.

3.3 Teknik Analisis Data

Sebagai generasi muda , kita harus mewarisi budaya bangsa, hendaknya memelihara seni budaya kita demi masa depan anak cucu.

Sumber :

www.google.com

1. Kuntowijoyo, Budaya Elite dan Budaya Massa dalam Ecstasy Gaya Hidup: Kebudayaan Pop dalam Masyarakat Komoditas Indonesia, Mizan 1997. 2. Sapardi Djoko Damono, Kebudayaan Massa dalam Kebudayaan Indonesia: Sebuah Catatan Kecil dalam Ecstasy Gaya Hidup: Kebudayaan Pop dalam Masyarakat Komoditas Indonesia, Mizan 1997. 3. Fuad Hassan. “Pokok-pokok Bahasan Mengenai Budaya Nusantara Indonesia”. Dalam http://kongres.budpar.go.id/news/article/Pokok_pokok_bahasan.htm, didownload 7/15/04. 4. Koenjaraningrat. 1990. Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia. 5. Adeney, Bernard T. 1995. Etika Sosial Lintas Budaya. Yogyakarta: Kanisius. Al-Hadar Smith, “Syariah dan Tradisi Syi’ah Ternate”, dalam http://alhuda.or.id/rub_budaya.htm , didown load 7/15/04. 6. http://www.google=pengaruh globalisasi terhadap eksistensi kebudayaan daerah.com/


http://konten.detikpertama.com/artikel/contoh-analisa-pengaruh-globalisasi-terhadap-eksistensi-kebudayaan-daerah.

0 komentar:

Posting Komentar