Pages

Selasa, 28 September 2010

Berdayakan Dana dari Pemudik

Potensi perputaran uang yang di terima oleh masyarakat di kampung halaman ketika jutaan orang berlebaran sepatutnya di arahkan untuk kegiatan yang produktif , bahkan sedapat mungkin untuk kodal kerja. Dia mengomsumsikan jika seorang pemudik sedikitnya membawa uang Rp 4juta, hasil satu bulan gaji ditambah THR yang besaranya juga satu kali gaji .
Uang para pemudik sangat potensial untuk menggerakkan perekonomian daerah . Namun, hal itu dapat terlaksana apabila pemerintah daerah tanggap dan jeli menangkap peluang serta mengoorganisasikannya .
Pemerintah Kabupaten/kota hingga tingkat kelurahan seharusntya membuat terobosan-terobosan untul mengoptimalkan aliran dana sehingga menggerakkan roda perekonomian daerah .
Pengamat ekonomi mengatakan secara kultural , masyarakat masih membelanjakan THR untuk kebutuhan konsumtif yang seketika dan langsung habis . potensi besar tersebut diikuti inflasi karena dibelanjakan saat bersamaan. Ini akibat lonjakan permintaan , sementara persediaan barang tak selalu memadai . Ketua Jurusan Ilmu Ekonomi berpendapat jika di alokasikan pada usaha produktif, aliran dana pemudik ini dapat mempunyai efek pengganda yang luar biasa.
Di Jawa Tengah misalnya yang merupakan salah satu tujuan utama mudik, aliran uang masuk bersih selama masa mudik tahun ini diperkirakan mencapai Rp 3,29 triliun. Jumlah ini lebih besar daripada uang yang kita keluar dari daerah itu dan juga para pemudik menyisihkan sebagian uangnya untuk zakat , infak dan sedekah.

0 komentar:

Posting Komentar