Pages

Sabtu, 26 Januari 2013

Tugas kelompok e-commerce



E-COMMERCE





4KA08
Nama Kelompok :
Anggun agustina
Nurul tri yuniarni
Windi puspitasari




 UNIVERSITAS GUNADARMA
2012




TOKOBAGUS.COM




Apa itu Tokobagus.com? 

            Tokobagus.com adalah pusat jual beli online terbesar di Indonesia. Tempat untuk mencari barang baru dan bekas berkualitas seperti produk handphone murah, komputer, fashion, mobil bekas, motor, rumah dan properti, peralatan rumah tangga, aneka jasa dan juga lowongan kerja. Untuk para penjual, pasang iklan gratis adalah salah satu layanan yang disediakan oleh Tokobagus. Iklan anda akan dilihat oleh ratusan ribu orang setiap harinya. Bertransaksi di Tokobagus, baik jual maupun beli tidak dikenakan biaya, semua disediakan gratis.

SEJARAH BISNIS ONLINE Tokobagus.com
            Istilah “Bisnis Online” telah berubah sejalan dengan waktu. Awalnya, bisnis online berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti penggunaan EDI untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik.Kemudian dia berkembang menjadi suatu aktivitas yang mempunya istilah yang lebih tepat “perdagangan web” — pembelian barang dan jasa melalui World Wide Web melalui server aman (HTTPS), protokol server khusus yang menggunakan enkripsi untuk merahasiakan data penting pelanggan. Tokobagus diluncurkan pada April 2005, dengan media promosi melalui stasiun TV lokal, radio, majalah dan pembagian stiker, dan setelah itu terus tumbuh “under the radar”. Tokobagus tidak menganut sistem “release it and forget it”, melainkan terus melakukan perbaikan demi meningkatkan kepuasan member pada khususnya dan pengguna pada umumnya. Di belakang Tokobagus.com adalah PT Tokobagus, berkantor pusat di Denpasar, Bali.

Metode Pengembangan BISNIS ONLINE Tokobagus.com
Dalam banyak kasus, sebuah BISNIS  ONLINE bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
·            Menyediakan harga kompetitif.
·            Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
·            Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
·            Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
·            Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
·            Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-                   lain.
·            Mempermudah kegiatan perdagangan.

 Perkembangan BISNIS ONLINE Tokobagus.com saat ini di Indonesia
            Seiring Dengan Kemajuan IT di Indonesia Perkembangan Dan Kebutuhan Website Meningkat tajam. Dari tahun ke tahun banyak sekali Instansi, Perusahaan, Pemerintahan, Hotel maupun Usaha Personal yang mulai melirik promosi lewat internet. Tak heran hal itu terjadi karena website merupakan salah satu Kekuatan Brand Bagi dunia usaha. Website Dapat Meningkatkan Nilai Penjualan dan Promosi tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Jika dilihat dari tren perkembangan dunia usaha online di Indonesia juga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, tren Online Marketing mengalami tren naik sangat tajam di Indonesia. Dari sekitar 1 Juta Blogger di tahun 2004 menjadi sekitar 50 juta Blogger di tahun 2010 (Sumber : www.alexa.com) dan akan terus naik di tahun tahun selanjutanya karena semakin mudahnya akses internet di Indonesia.
            Contoh lain seperti Bisnis Online Tokobagus.com, Tokobagus merupakan salah satu situs penyedia layanan jual dan beli. Semua iklan yang ada di situs ini dibuat oleh penggunanya sendiri, baik yang menjual maupun mencari barang. Tokobagus didirikan pada tanggal 9 Juni 2005 oleh dua orang pemuda asal Belanda, Arnold Sebastian Egg dan Remco Lupker. Tokobagus kini telah menjadi satu-satunya situs jual beli online terbesar sekaligus terpopuler di Indonesia. Dengan jumlah pengunjung yang mencapai 100.000 pengunjung setiap harinya, menjadikan tokobagus sebagai situs penyedia layanan jual dan beli yang cukup dipercaya.




Analisa Tokobagus.com
a)    Desain Web TokoBagus.com
·      Accessibility
Dari segi aspek Accessibility dalam website tokobagus sudah cukup terpenuhi, karena website ini menyediakan versi mobile. Sehingga para pengunjung yang ingin mengakses situs tokobagus dapat dilakukan melalui handphone. Hanya saja website tokobagus tidak menyediakan versi English bagi pengunjung mancanegara.
·      Esthetically Pleasing
Penempatan menu sudah sangat baik. Menu berada di bagian kanan atas, samping kiri dan bawah. Perpaduan warnanya begitu bagus dan tidak terlalu berlebihan. sehingga kalau dilihat dari segi estetika terlihat sangat elegan.
·      Availability
Website tokobagus ini jika dilihat dilihat dari segi aspek availability sudah terpenuhi. Hal ini dapat dilihat dari tampilan utamanya yang menyediakan banyak menu, kolom pencarian dan penggolongan objek berdasarkan kategori, sehingga lebih memudahkan pengunjung untuk menemukan barang yang ingin dicari.
·      Clarity
Website ini sudah cukup memenuhi criteria tersebut. Contohnya terdapat pada setiap iklan yang dipasang di tokobagus memiliki deskripsi tentang spesifikasi pada produk tersebut. Sehingga spesifikasi produk-produk yang diposting di tokobagus dapat terlihat dengan jelas.
·      Compatibility
Website ini sudah cukup compatible, karena dapat dijalankan di berbagai browser. Dalam hal ini, saya mencoba di Mozilla Firefox, Opera , Netscape Navigator, Safari dan Google Chrome. Di semua web browser tersebut didapatkan tampilan yang tidak berbeda jauh hanya saja kurang support di browser Netscape dan Opera.
·      Configurability
Dari segi aspek configurability  website tokobagus bersifat semi dynamic, artinya user dapat menentukan dan memodifikasi sendiri tentang iklan yang akan diposting, tetapi tidak dapat melakukan konfigurasi penuh terhadap website tersebut.
·      Consistency
Dilihat dari segi tampilannya, website ini sangat konsisten. Terbukti dari design tampilan dan perpaduan warna yang sama di hampir semua bagian menu. Kemudian penggunaan warna yang sesuai dan proporsional serta tidak berlebihan.
·      Control
Website tokobagus memiliki control yang baik, semua tombol dapat berfungsi dengan baik tidak ada tombol yang tidak berfungsi dan dapat digunakan dengan baik.
·      Directness
Website tokobagus sudah memenuhi prinsip-prinsip directness. Misalnya pada saat user telah terdaftar menjadi anggota tokobagus, user dapat memiliki halaman pribadi didalam tokobagus yang disebut “tokosaya”.
·      Efficiency
Saya rasa website tokobagus cukup efisien. Contohnya seperti dalam penempatan menu yang ada di (kanan atas,kiri dan bawah) sudah cukup proporsional sehingga lebih memudahkan pengguna untuk merujuk ke menu tanpa harus menggeserkan scroolbar. Ditambah lagi semua objek(produk) disusun berdarkan kategori sehingga memudahkan visitor dalam pencarian objek.
·      Familiarity
Prinsip familiarity sudah terpenuhi pada website tokobagus. Contohnya seperti design logo tokobagus yang simple dan unik pada halaman website tersebut membuat para visitor menjadi familiar.
·      Flexibility
Prinsip flexibility sudah terpenuhi pada website tokobagus. Contohnya seperti rancangan pada websitenya sudah diatur dan disesuaikan untuk kemudahan para visitor, supaya para visitor website tokobagus dapat melakukan transaksi dengan mudah jika berkunjung ke situs tersebut.
·      Forgiveness
Website ini sudah menerapkan prinsip forgiveness. Yaitu dengan cara website tokobagus menyediakan kolom bantuan sehingga memudahkan website tersebut dalam penaganan kesalahan.
·      Immersion
Website tokobagus sudah mengandung prinsip immersion. Dilihat dari tampilan awal pada saat pertama kali diakses, sudah langsung menampilkan halaman untuk promosi produk, sehingga para visitor dapat langsung melihat barang yang ingin dia beli.
·      Obviousness
Website tokobagus sudah memunuhi aspek obvious, karena para visitor dapat dengan mudah mengetahui dan memahami apa yang akan dilakukan pada saat melihat tampilan di web tersebut.
·      Operability
Selain website tokobagus dapat dioperasikan atau diakses lewat PC maupun laptop dan website tokobagus juga menyediakan versi mobile bagi para pengguna yang ingin mengakses lewat handphone.
·      Perceptibility
website tokobagus telah memenuhi prinsip perceptibility. Hal ini dikarenakan dengan melihat halaman website user akan cepat memahami dan beradapatasi dengan website tersebut .
·      Predictability
Saya rasa tokobagus telah menerapkan aspek predictability, contohnya seperti website tokobagus telah memperhitungkan secara matang dengan menyediakan fitur tokosaya yang diperuntukan untuk para member yang ingin memasang iklan serta mendagangkan produk jualannya, sehingga memudahkan dalam proses transaksi.
·      Recovery
Website ini sudah dapat recovery bila terjadi kesalahan. Misalnya saat User ingin login di tokobasgus bila belum mendaftar sebagai member di website tersebut maka akan muncul validasi “Anda belum terdaftar”.
·      Responsiveness
Website tokobagus memiliki respon yang baik terhadap user, hampir semua tool dan tombol ketika di klik dapat memberikan respon balik terhadap user.
·      Safety
Dalam hal ini website tokobagus sudah menerapkan prinsip safety yaitu dengan cara website menyediakan ketentuan-ketentuan dan tips cara aman bertransaksi pada websitenya sehingga memberikan pengetahuan dan keamanan tentang tata cara bertransaksi.
b)    Analisa Pengunjung Tokobagus.com
            Tokobagus merupakan salah satu situs penyedia layanan jual dan beli. Semua iklan yang ada di situs ini dibuat oleh penggunanya sendiri, baik yang menjual maupun mencari barang. Tokobagus didirikan pada tanggal 9 Juni 2005 oleh dua orang pemuda asal Belanda, Arnold Sebastian Egg dan Remco Lupker. Tokobagus kini telah menjadi satu-satunya situs jual beli online terbesar sekaligus terpopuler di Indonesia. Dengan jumlah pengunjung yang mencapai 100.000 pengunjung setiap harinya, menjadikan tokobagus sebagai situs penyedia layanan jual dan beli yang cukup dipercaya. Tokobagus saat ini memiliki ratusan ribu member dan terus mengalami peningkatan sebesar 20% setiap bulannya, baik itu dari segi jumlah iklan maupun pengunjung.
c)   Analisa Content Tokobagus.com
            Tokobagus benar-benar menjadikan member (dan calon pembeli) sebagai raja, dan menyediakan Live Support yang akan selalu siap menjawab segala pertanyaan berkenaan dengan penggunaan situs Tokobagus.com juga pertanyaan non teknis yang lain, dan sebentar lagi juga akan diluncurkan sebuah forum khusus yang bisa menjadi rujukan pengguna disaat Live Support sedang offline.
            Setiap member di Tokobagus juga berpeluang menjadi Verified Member, dimana akan dikirimkan kode verifikasi ke alamat rumah mereka yang harus mereka masukkan melalui profil mereka di Tokobagus.com, sehingga menjamin transaksi yang lebih aman.
            Tokobagus juga menyediakan statistik iklan, sehingga pengguna bisa memantau iklan mana yang paling banyak mendapatkan kunjungan, dan memperbaiki iklan yang belum maksimal.Tokobagus juga sangat baik dalam SEO, sehingga setiap iklan akan memperoleh nilai plus di mata mesin pencari (Google, Yahoo, Bing).
            Setiap penjual di Tokobagus akan memiliki toko sendiri, dengan subdomain yang mereka pilih (contoh: peterkurniawan.tokobagus.com) yang bisa dikustomisasi logo dan themenya. Member juga bisa menuliskan deskripsi mengenai toko mereka dan menulis aturan yang berlaku di toko mereka.
            Kesimpulan analisis website tokobagus : Secara keseluruhan sudah bagus, sudah memenuhi kriteria, serta dapat diakses dengan cepat. Hanya saja website tokobagus kurang support di beberapa browser contohnya Netscape 8.1.3 xp dan Opera 8.54 xp.



jawaban analisis E-Goverment



TUGAS
ANALISIS KINERJA SISTEM



4KA08
NAMA KELOMPOK :
ANGGUN AGUSTINA (13109144)
ANITA WINDASARI (10109927)
MALIKA PURNA (12109720 )
NURUL TRI YUNIARNI (14109532 )
RETNO PURNAMADEWI (13109007)
WINDI PUSPITASARI ( 15109103)


UNIVERSITAS GUNADARMA
2013



NARASI
Indonesia sebagai sebuah negara kepulauan memiliki berbagai budaya dari sabang sampai Merauke. 13.000 pulau terbentang dan salah satunya adalah pulau Sumatera. Di pulau Sumatera ada 10 provinsi, termasuk Sumatera barat.
Seperti provinsi-provinsi lain di Indonesia, Sumatera Barat juga memiliki budaya dan tradisi yang unik. Budaya merupakan dimensi yang berpengaruh kedua dari sebuah daya tarik destinasi (Ritchie and Crouch, 2003). Budaya merupakan sebuah identitas dan factor pentingnya adalah bahwa individu masyarakat yang ditempatkan pada organisasi sosial lokal dan nasional, seperti pemerintah lokal, institusi pendidikan, komunitas keagamaan, kerja dan rekreasi.
Umumnya budaya di Sumatera Barat sangat dipengaruhi oleh agama Islam, sebagaimana semboyan masyarakat Minang “Adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah” (Adat berdasarkan syariah, syariah berdasarkan Al qur‘an).
Memiliki potensi budaya yang tersebar di seluruh Indonesia, pemerintah berusaha menggalinya dengan mengembangkan pariwisata budaya. Oleh sebab itu pemerintah Indonesia meluncurkan program pariwisata Indonesia - Visit Indonesia. Semenjak tahun 2005, pemerintah Indonesia telah menjadikan Sumatera Barat sebagai salah satu target utama Pariwisata Indonesia. Dikenal dengan keindahan alam dan kekayaan budayanya, Sumatera barat sangat potensial untuk dikembangkan sebagai daerah wisata, baik wisata alam, (seperti pegunungan dan hutan) maupun wisata budaya dan ekowisata.
Sebagai tambahan, dengan dibukanya bandar udara internasional Minangkabau pada bulan Juli 2005, membuat Sumatera Barat yang juga dikenal dengan Ranah Minang ini dapat, diakses oleh banyak negara.




KESIMPULAN
Kesimpulan dari provinsi Sumatra Barat , Kabupaten Padang Pariaman dan Kabupaten Agam
Pada Website Sumatera Barat ini terdapat relasi G2C. Ini terlihat pada kolom perijinan. Lalu terdapat suara masyarakat yang bisa digunakan masyarakat untuk menyampaikan aspirasimya. Adapun G2G misalnya link Dinas Peternakan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Badan Diklat Provinsi Sumbar Badan Pusat Statistik Sumbar Badan Meteorologi dan Geofisika Komisi Pemilihan Umum Sumbar Biro Pembangunan dan Kerjasama Rantau Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah.

Kekurangan dan Kelebihan
Untuk tampilan web Sumatera Barat, ada beberapa hal yang kami rasa kurang cukup baik. Seperti penggunaan ukuran teks pada link dan isi-isi berita yang kecil, penggunaan beberapa warna yang tidak perlu. Kecepatan akses ketika kita mengunjungi website ini sangat baik. Jadi tidak perlu menunggu lama untuk kita melihat semua tampilan website ini muncul dengan sempurna. Begitu juga ketika kita mengunjungi link-link yang ada pada web ini.
Di Padang Pariaman, pemanfaatan e-gov dikarenakan adanya keinginan untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat .Perubahan yang tengah terjadi tersebut menuntut terbentuknya kepemerintahan yang bersih, transparan, dan mampu menjawab tuntutan perubahan secara efektif. Sistem manajemen pemerintah Kabupaten Padang Pariaman yang selama ini merupakan sistem hirarki kewenangan dan komando sektoral dikembangkan menjadi sistem manajemen organisasi jaringan yang dapat memperpendek lini pengambilan keputusan serta memperluas rentang kendali.
Model penyampaian yang utama di terapkan di Kabupaten Padang Pariaman adalah Government-to-Citizen atau Government-to-Customer (G2C), Government-to-Business (G2B) serta Government-to-Government (G2G). Keuntungan yang paling diharapkan dari e-government adalah peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik.
Memperhatikan perkembangan pelaksanaan egov di Kabupaten Padang Pariaman serta hasil-hasil yang telah dicapai hingga saat ini, maka mau tidak mau konsep dan strategi pelaksanaan egov membutuhkan penyempurnaan diberbagai sisi. Penundaan pelaksanaan revitalisasi egov hanya akan menjauhkan Kabupaten ini dari cita-cita reformasi yang sebenar-benarnya, yaitu memperbaiki mutu pelayanan publik kepada seluruh masyarakat serta pada gilirannya dapat meningkatkan kesejahteraan mereka melalui peningkatan efisiensi birokrasi.
Pelaksanaan revitalisasi egov harus memperhatikan kesiapan pemerintah daerah dan masyarakat, sesuai prinsip-prinsip dasar serta bertahap.
Di kabupaten Agam, banyak kegiatan-kegiatan yang di usung oleh pemerintah Kabupaten Agam. Dari mulai sektor pendidikan, kesehatan dan lain-lain. Prestasi-prestasi yang dihasilkan dari Kabupaten Agam juga sudah banyak yang diraih.
Namun setelah ditelusuri dalam buku tamu, ternyata banyak keluh kesah yang disampaikan oleh masyarakat desa dari Kabupaten Agam. Dari mulai pembetulan jalan, permohonan bantuan pendidikan dan lain-lain sehingga menurut kami masih banyak yang perlu dibenahi dari Kabupaten Agam.
Untuk tampilan dan isi web Kabupaten agam, dapat dilihat belum adanya kelengkapan pada web tersebut. Sehingga kami masih kesulitan mendapatkan informasi-informasi yang ada. Seperti belum terisinya beberapa link yang sebenarnya sudah terdapat judul disana.
Struktur navigasi pada website sumatera barat pada menu utama terdapat Home, Profil Sumbar, Ragam Info, Fasilitas, dan e-proc. Menu utama ini dapat langsung kita temukan karena berada di atas, atau berada pada header. Hal ini sangat mempermudah pengguna untuk mencari informasi yang ingin dipilih.
Dari hasil penelitian ini, disarankan:
1. Perlu dilakukan secara terus menerus sosialisasi tentang arti penting penerapan e-Government  terhadap pihak pengambil keputusan di setiap instansi.
2.  Agar dibentuk unit khusus untuk mengelola situs web resmi pemerintah dan dibayar secara profesional.
3.  Melakukan pelatihan dibidang teknologi informasi dan komunikasi secara rutin bagi staff yang mengelola situs web.
4.  Perlu sosialisasi secara terus menerus kepada masyarakat tentang layanan yang tersedia di situs web resmi pemerintahan.