E-COMMERCE
4KA08
Nama
Kelompok :
Anggun
agustina
Nurul
tri yuniarni
Windi
puspitasari
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2012
TOKOBAGUS.COM
Apa itu Tokobagus.com?
Tokobagus.com adalah pusat jual beli online terbesar di Indonesia. Tempat untuk mencari barang baru dan bekas berkualitas seperti produk handphone murah, komputer, fashion, mobil bekas, motor, rumah dan properti, peralatan rumah tangga, aneka jasa dan juga lowongan kerja. Untuk para penjual, pasang iklan gratis adalah salah satu layanan yang disediakan oleh Tokobagus. Iklan anda akan dilihat oleh ratusan ribu orang setiap harinya. Bertransaksi di Tokobagus, baik jual maupun beli tidak dikenakan biaya, semua disediakan gratis.
SEJARAH
BISNIS ONLINE Tokobagus.com
Istilah
“Bisnis Online” telah berubah sejalan dengan waktu. Awalnya, bisnis online
berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti penggunaan EDI untuk mengirim
dokumen komersial seperti pesanan pembelian atau invoice secara
elektronik.Kemudian dia berkembang menjadi suatu aktivitas yang mempunya
istilah yang lebih tepat “perdagangan web” — pembelian barang dan jasa melalui
World Wide Web melalui server aman (HTTPS), protokol server khusus yang
menggunakan enkripsi untuk merahasiakan data penting pelanggan. Tokobagus diluncurkan
pada April 2005, dengan media promosi melalui stasiun TV lokal, radio, majalah
dan pembagian stiker, dan setelah itu terus tumbuh “under the radar”. Tokobagus
tidak menganut sistem “release it and forget it”, melainkan terus melakukan
perbaikan demi meningkatkan kepuasan member pada khususnya dan pengguna pada
umumnya. Di belakang Tokobagus.com adalah PT Tokobagus, berkantor pusat di
Denpasar, Bali.
Metode
Pengembangan BISNIS ONLINE Tokobagus.com
Dalam banyak kasus, sebuah BISNIS ONLINE bisa bertahan
tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen
yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur
organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs
web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
·
Menyediakan harga kompetitif.
·
Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
·
Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
·
Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
·
Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
·
Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain- lain.
·
Mempermudah kegiatan perdagangan.
Perkembangan BISNIS ONLINE Tokobagus.com saat
ini di Indonesia
Seiring
Dengan Kemajuan IT di Indonesia Perkembangan Dan Kebutuhan Website Meningkat
tajam. Dari tahun ke tahun banyak sekali Instansi, Perusahaan, Pemerintahan,
Hotel maupun Usaha Personal yang mulai melirik promosi lewat internet. Tak
heran hal itu terjadi karena website merupakan salah satu Kekuatan Brand Bagi
dunia usaha. Website Dapat Meningkatkan Nilai Penjualan dan Promosi tanpa harus
mengeluarkan banyak biaya. Jika dilihat dari tren perkembangan dunia usaha
online di Indonesia juga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, tren Online
Marketing mengalami tren naik sangat tajam di Indonesia. Dari sekitar 1 Juta
Blogger di tahun 2004 menjadi sekitar 50 juta Blogger di tahun 2010 (Sumber :
www.alexa.com) dan akan terus naik di tahun tahun selanjutanya karena semakin
mudahnya akses internet di Indonesia.
Contoh
lain seperti Bisnis Online Tokobagus.com, Tokobagus merupakan salah
satu situs penyedia layanan jual dan beli. Semua iklan yang ada di situs ini
dibuat oleh penggunanya sendiri, baik yang menjual maupun mencari barang.
Tokobagus didirikan pada tanggal 9 Juni 2005 oleh dua orang pemuda asal
Belanda, Arnold Sebastian Egg dan Remco Lupker. Tokobagus kini telah menjadi
satu-satunya situs jual beli online terbesar sekaligus terpopuler di Indonesia.
Dengan jumlah pengunjung yang mencapai 100.000 pengunjung setiap harinya,
menjadikan tokobagus sebagai situs penyedia layanan jual dan beli yang cukup
dipercaya.
Analisa Tokobagus.com
a)
Desain Web TokoBagus.com
· Accessibility
Dari segi aspek Accessibility dalam
website tokobagus sudah cukup terpenuhi, karena website ini menyediakan versi
mobile. Sehingga para pengunjung yang ingin mengakses situs tokobagus dapat
dilakukan melalui handphone. Hanya saja website tokobagus tidak menyediakan
versi English bagi pengunjung mancanegara.
· Esthetically Pleasing
Penempatan menu sudah sangat baik.
Menu berada di bagian kanan atas, samping kiri dan bawah. Perpaduan warnanya
begitu bagus dan tidak terlalu berlebihan. sehingga kalau dilihat dari segi
estetika terlihat sangat elegan.
· Availability
Website tokobagus ini jika dilihat
dilihat dari segi aspek availability sudah terpenuhi. Hal ini dapat dilihat
dari tampilan utamanya yang menyediakan banyak menu, kolom pencarian dan
penggolongan objek berdasarkan kategori, sehingga lebih memudahkan pengunjung
untuk menemukan barang yang ingin dicari.
· Clarity
Website ini
sudah cukup memenuhi criteria tersebut. Contohnya terdapat pada setiap iklan
yang dipasang di tokobagus memiliki deskripsi tentang spesifikasi pada produk
tersebut. Sehingga spesifikasi produk-produk yang diposting di tokobagus dapat
terlihat dengan jelas.
· Compatibility
Website ini sudah cukup compatible,
karena dapat dijalankan di berbagai browser. Dalam hal ini, saya mencoba di
Mozilla Firefox, Opera , Netscape Navigator, Safari dan Google Chrome. Di semua
web browser tersebut didapatkan tampilan yang tidak berbeda jauh hanya saja
kurang support di browser Netscape dan Opera.
· Configurability
Dari segi aspek
configurability website tokobagus bersifat semi dynamic, artinya user
dapat menentukan dan memodifikasi sendiri tentang iklan yang akan diposting,
tetapi tidak dapat melakukan konfigurasi penuh terhadap website tersebut.
· Consistency
Dilihat dari segi tampilannya,
website ini sangat konsisten. Terbukti dari design tampilan dan perpaduan warna
yang sama di hampir semua bagian menu. Kemudian penggunaan warna yang sesuai
dan proporsional serta tidak berlebihan.
· Control
Website tokobagus memiliki control
yang baik, semua tombol dapat berfungsi dengan baik tidak ada tombol yang tidak
berfungsi dan dapat digunakan dengan baik.
· Directness
Website
tokobagus sudah memenuhi prinsip-prinsip directness. Misalnya pada saat user
telah terdaftar menjadi anggota tokobagus, user dapat memiliki halaman pribadi
didalam tokobagus yang disebut “tokosaya”.
· Efficiency
Saya rasa website tokobagus cukup
efisien. Contohnya seperti dalam penempatan menu yang ada di (kanan atas,kiri
dan bawah) sudah cukup proporsional sehingga lebih memudahkan pengguna untuk merujuk
ke menu tanpa harus menggeserkan scroolbar. Ditambah lagi semua objek(produk)
disusun berdarkan kategori sehingga memudahkan visitor dalam pencarian objek.
· Familiarity
Prinsip
familiarity sudah terpenuhi pada website tokobagus. Contohnya seperti design
logo tokobagus yang simple dan unik pada halaman website tersebut membuat para
visitor menjadi familiar.
· Flexibility
Prinsip flexibility sudah terpenuhi
pada website tokobagus. Contohnya seperti rancangan pada websitenya sudah
diatur dan disesuaikan untuk kemudahan para visitor, supaya para visitor
website tokobagus dapat melakukan transaksi dengan mudah jika berkunjung ke
situs tersebut.
· Forgiveness
Website ini
sudah menerapkan prinsip forgiveness. Yaitu dengan cara website tokobagus
menyediakan kolom bantuan sehingga memudahkan website tersebut dalam penaganan
kesalahan.
· Immersion
Website
tokobagus sudah mengandung prinsip immersion. Dilihat dari tampilan awal pada
saat pertama kali diakses, sudah langsung menampilkan halaman untuk promosi
produk, sehingga para visitor dapat langsung melihat barang yang ingin dia
beli.
· Obviousness
Website tokobagus sudah memunuhi
aspek obvious, karena para visitor dapat dengan mudah mengetahui dan memahami
apa yang akan dilakukan pada saat melihat tampilan di web tersebut.
· Operability
Selain website
tokobagus dapat dioperasikan atau diakses lewat PC maupun laptop dan website
tokobagus juga menyediakan versi mobile bagi para pengguna yang ingin mengakses
lewat handphone.
· Perceptibility
website
tokobagus telah memenuhi prinsip perceptibility. Hal ini dikarenakan dengan
melihat halaman website user akan cepat memahami dan beradapatasi dengan
website tersebut .
· Predictability
Saya rasa tokobagus telah menerapkan
aspek predictability, contohnya seperti website tokobagus telah memperhitungkan
secara matang dengan menyediakan fitur tokosaya yang diperuntukan untuk para
member yang ingin memasang iklan serta mendagangkan produk jualannya, sehingga
memudahkan dalam proses transaksi.
· Recovery
Website ini
sudah dapat recovery bila terjadi kesalahan. Misalnya saat User ingin login di
tokobasgus bila belum mendaftar sebagai member di website tersebut maka akan
muncul validasi “Anda belum terdaftar”.
· Responsiveness
Website tokobagus memiliki respon
yang baik terhadap user, hampir semua tool dan tombol ketika di klik dapat
memberikan respon balik terhadap user.
· Safety
Dalam hal ini website tokobagus
sudah menerapkan prinsip safety yaitu dengan cara website menyediakan
ketentuan-ketentuan dan tips cara aman bertransaksi pada websitenya sehingga
memberikan pengetahuan dan keamanan tentang tata cara bertransaksi.
b)
Analisa Pengunjung Tokobagus.com
Tokobagus
merupakan salah satu situs penyedia layanan jual dan beli. Semua iklan yang ada
di situs ini dibuat oleh penggunanya sendiri, baik yang menjual maupun mencari
barang. Tokobagus didirikan pada tanggal 9 Juni 2005 oleh dua orang pemuda asal
Belanda, Arnold Sebastian Egg dan Remco Lupker. Tokobagus kini telah menjadi
satu-satunya situs jual beli online terbesar sekaligus terpopuler di Indonesia.
Dengan jumlah pengunjung yang mencapai
100.000 pengunjung setiap harinya, menjadikan tokobagus sebagai
situs penyedia layanan jual dan beli yang cukup dipercaya. Tokobagus saat ini
memiliki ratusan ribu member dan terus mengalami peningkatan sebesar 20% setiap
bulannya, baik itu dari segi jumlah iklan maupun pengunjung.
c) Analisa
Content Tokobagus.com
Tokobagus
benar-benar menjadikan member (dan calon pembeli) sebagai raja, dan menyediakan
Live Support yang akan selalu siap menjawab segala pertanyaan berkenaan dengan
penggunaan situs Tokobagus.com juga pertanyaan non teknis yang lain, dan
sebentar lagi juga akan diluncurkan sebuah forum khusus yang bisa menjadi
rujukan pengguna disaat Live Support sedang offline.
Setiap
member di Tokobagus juga berpeluang menjadi Verified Member, dimana akan
dikirimkan kode verifikasi ke alamat rumah mereka yang harus mereka masukkan
melalui profil mereka di Tokobagus.com, sehingga menjamin transaksi yang lebih
aman.
Tokobagus
juga menyediakan statistik iklan, sehingga pengguna bisa memantau iklan mana
yang paling banyak mendapatkan kunjungan, dan memperbaiki iklan yang belum
maksimal.Tokobagus juga sangat baik dalam SEO, sehingga setiap iklan akan
memperoleh nilai plus di mata mesin pencari (Google, Yahoo, Bing).
Setiap
penjual di Tokobagus akan memiliki toko sendiri, dengan subdomain yang mereka
pilih (contoh: peterkurniawan.tokobagus.com) yang bisa dikustomisasi logo dan
themenya. Member juga bisa menuliskan deskripsi mengenai toko mereka dan
menulis aturan yang berlaku di toko mereka.
Kesimpulan
analisis website tokobagus : Secara keseluruhan sudah bagus, sudah memenuhi
kriteria, serta dapat diakses dengan cepat. Hanya saja website tokobagus kurang
support di beberapa browser contohnya Netscape 8.1.3 xp dan Opera 8.54 xp.